25 April 2013

Pelangi Tak Pernah Mendahului Hujan

Manusia menginginkan kebahagiaan dan tidak ada seorang pun yang mengharapkan kesedihan. Hampir semuanya selalu menginginkan kebahagiaannya diperoleh secara instan, spontan, serta merta tanpa perlu mengorbankan apapun. Banyak yang tak mengerti bahwa bijak bestari pernah berkata "hidup memerlukan pengorbanan, pengorbanan memerlukan perjuangan., perjuangan memerlukan ketabahan, ketabahan memerlukan keyakinan". 

Pengorbanan merupakan bagian kehidupan. Harusnya begitu. Selalu begitu. Pengorbanan adalah suatu yang mutlak dalam hidup, harus ada, tidak boleh tidak. Ibaratnya pengorbanan adalah jalan menuju tujuanmu, tujuan hidupmu. Janganlah disesali meski jalanmu tak semulus, tak selurus yang kau bayangkan, karena ada jutaan hikmah petunjukNya yang terkandung di setiap kelokan jalanmu. Gampangnya, kalau kamu mau memperoleh kebahagiaan, tentu kita harus mau melewati jalan itu, bekerja keras untuk mencapai tujuanmu, tak hanya diam di tempat atau takut pada masa depan. 

Kita yang berkerja keras, berkorban, adalah yang akan mendapat petunjuk. Meski terkadang awalnya pahit, jangan takut. ingatlah janji Tuhan, bahwa Dia akan senantiasa bersama kita, melindungi kita di saat susah maupun bahagia, selalu begitu, namun kita sendirilah yang tak pernah menyadarinya.

Selanjutnya yakinlah, percayalah pada usahamu dan di setiap kesulitan pasti akan ada hikmah yang tak kita sadari, yang mana ia akan berguna untuk hidup kita. Mungkin begitulah kodratnya, kebahagiaan tak akan hadir tanpa didahului kerja keras dan perjuangan.
"indahnya pelangi tak akan pernah hadir tanpa didahului oleh datangnya hujan"
Aku tahu, kamu tahu, namun pernahkah kita sadari bahwa setiap indahnya pelangi tak akan pernah hadir tanpa didahului oleh datangnya hujan, bila kamu terlalu sulit menemukan pelangi, pandangilah mentari esok, yang menghangatkan pagimu, ia tak pernah mendahului datangnya dinginnya malam. Tampaknya kita sebagai manusia terlalu bernafsu hingga buta akan banyak sekali tanda alam dari Tuhan yang menunjukan bahwa ada hikmah di balik segala peristiwa, termasuk saat kita sedang memperjuangkan sesuatu, sesulit apapun itu, segelap apapun itu, ingatlah bila sudah tiba saatnya, maka akan datang kemudahan, akan tiba pula cahaya terang di depan sana. Kebahagiaan adalah hasil dari sebuah kerja keras, perjuangan dan kepercayaan. Begitu juga dengan Cinta. Percayalah.