4 Juni 2013

Pramusaji Aksara

Di sini, jika ada aksara-aksara yang terangkai menjadi sebuah kata
hingga akhirnya menjadi bait yang elok untuk dibaca,
itu bukanlah karena aku yang merangkai
itu karena magis yang dimilikinya
 mempunyai anugrah untuk mengungkapkan rasa 
sesuatu yang mungkin tak kita sepenuhnya sebagai manusia

Di sini, jika ada sajak yang tercipta indah
itu bukanlah karena aku yang mencipta
itu karena pesona yang ia punya
yang meluluhkan segenap perasaan manusia
sesuatu yang justru tak selalu kita miliki

Di sini, bila ada yang kau kagumi, 
janganlah takjub padaku
aku bukanlah siapa-siapa
penyair bukan, penulis apalagi
aku hanya seseorang pramusaji aksara
aku hanya menyiapkan tempat 
bagi para aksars untuk merangkai kisah
mengungkap tentang apa yang sedang kurasa
mengagumi
mendamba
mencintaimu
rasa yang entah kapan bisa kuakhiri dengan indah
Meski ia mati, tak bernapas, tak bergerak dan mungkin tak bersuara tapi hidup manusia tak akan sempurna tanpanya. Aksara.