4 Januari 2011

Gunakanlah Nalar Kita Untuk Melawan Sugesti PowerBalance

Hari ini saya membaca berita di kompas.com dan detik.com, bahwa ternyata  khasiat yang ada di gelang PowerBalance dinyatakan palsu oleh Badan Pengawas Konsumen Australia (ACCC). Bahkan hal ini juga diakui oleh produsen gelang tersebut, mereka mengakui gelang buatannya adalah Scam. Scam adalah upaya mengelabui orang lain dengan mengajukan bukti-bukti yang seolah-olah kuat.

Dari artikel yang dilansir oleh situs Gizmodo, dengan judul “PowerBalance Admits Their Wristbands Are a Scam“, bisa dibaca disini, memuat pernyataan minta maaf yang dimuat di media Australia pada 23 Desember 2010.
Dalam iklan-iklan kami menyatakan bahwa gelang Power Balance bisa meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas Anda.
Kami mengakui bahwa tidak ada bukti ilmiah yang kredibel yang mendukung klaim kami dan oleh karenanya kami terlibat dalam perbuatan yang menyesatkan dan melanggar pasal s52 dari Undang-Undang Praktik Perdagangan (Trade Practices Act) 1974.
Jika Anda merasa telah disesatkan oleh promosi ini kami meminta maaf tanpa syarat dan menawarkan pengembalian dana penuh.
Untuk mendapatkan pengembalian dana silakan kunjungi situs kami di www.powerbalance.com.au atau hubungi di nomor bebas pulsa 1800 733 436
Penawaran ini akan berlangsung sampai 30 Juni 2011. Agar syarat-syarat pengembalian dana terpenuhi bersama dengan ongkos kirimnya, Anda perlu mengembalikan produk asli Power Balance bersama dengan bukti pembelian (termasuk catatan kartu kredit, barcode dan penerimaan) dari penjual resmi di Australia.
Pemberitahuan koreksi ini telah dibayar oleh Power Balance Australia Pty Ltd sesuai janji kepada Australian Competition and Consumer Commission berdasarkan ayat 87B Trade Practices Act, 1974.
Saya sendiri tidak begitu kaget, kecuali kaget kenapa banyak orang yang baru ngeh tentang itu. Kenapa mereka begitu percaya pada "gelang karet" itu dan kenapa tidak dari dulu dilakukan penelitian yang kredibel suntuk meneliti kebenaran gelang ini.

Saya pribadi tidak percaya dengan hal-hal seperti ini, tapi saya lihat begitu banyak anak muda sekarang yang menggunakan gelang tersebut, entah memang sadar akan khasiatnya meski hanya sugesti atau sekedar biar bisa dibilang anak keren, gaul, dan mengikuti tingkah laku fashion para olahragawan internasional yang saya lihat juga menggunakan gelang dengan bentuk yang sama.

Gelang power balance adalah sebuah gelang dengan warna-warni trendi yang di”klaim” oleh pembuatnya mampu untuk: memperbaiki keseimbangan, meningkatkan flexibilitas, dan meningkatkan kekuatan inti tubuh. Dalam situsnya www.powerbalance.com, dijelaskan Power Balance adalah sebuah frekuensi lemah dan data biologis yang terprogram ke dalam media holografis (hologram). Nah Teknologi hologram ini di desain untuk beresonansi dengan medan biologis tubuh, energi dalam atau chi sehingga meningkatkan efisiensi sistem elektronik, kimia, dan organik tubuh anda. Produk ini didesain dan dibuat untuk meningkatkan, koordinasi, kekuatan, kelenturan dan daya tahan. Untuk penggunaan sehari hari  power balance juga terbukti meningkatkan kualitas tidur anda, selain juga meningkatkan imunitas mengurangi stress, sakit kekakuan, maupun mabuk di dalam perjalanan. Cara kerjanya seperti cara kerja dari garpu tala yang beresonasi dengan tubuh. Dengan menyelaraskan medan biologis, chi dalam diri anda menjadi terhamonisasi. Stress keseharian dan aktivitas fisik menyebabkan medan biologis menjadi tidak selaras. PowerBalance membalikan proses ini memberikan efisiensi harmoni dan keseimbangan. (detik.com).

Menurut saya teori diatas adalah omong kosong belaka. Saya sebenarnya sudah lama ingin membahas masalah ini. tetepi baru sekarang saya punya momen yang tepat untuk menjelaskan semuanya, yaitu sejak kapan hologram yang konon ada hologram yang mampu beresonansi dengan tubuh sehingga menghasilkan keseimbangan, Sejak kapan hologram ajaib itu bisa mengontrol tubuh kita?? Kita pakai akal sehat, bagaimana elektromagnetik bisa bekerja mempengaruhi tubuh. Padahal tubuh kita ada bioelektrik, kemudian ada listrik dari luar terpapar ke badan. Apa itu justru tidak mengganggu? Tapi tentu harus ada bukti ilmiah, bagaimana yang katanya gelombang elektromagnetik dari luar itu bisa menyelesaikan penyakit syaraf.  Kenapa konsumen begitu mudah percaya kepada iklan palsu itu. Kalaupun gelang berbahan silikon tersebut bisa menimbulkan efek Hal itu hanyalah efek plasebo, jadi kalau merasa yakin, air putih pun bisa menjadi obat.

Di beberapa blog dijelaskan bahwa rahasia gelang Power Balance adalah pada lambang/logo yang tersemat di hologram. Dikatakan bahwa gambar-gambar seperti dibawah ini sebagai perlambangan matahari dan menurut dia juga lambang ini sebagai universal symbol of unity. Dan ini semua adalah hoax belaka.

Sangat lucu bukan, pemikiran masyarakat kita digiring untuk mempercayai sesuatu yang tidak bisa diterima nalar, barang yang harganya mencapai kisaran Rp 200.000-Rp 450.000 untuk yang orisinil, diklaim dapat membawa manfaat tertentu bagi kesehatan kita.

Ini bukti bahwa pemahaman masyarakat tentang kesehatan masih rendah, dan juga bukti bahwa kesehatan tidak bisa dibeli dengan barang yang harganya hampir setengah juta. Kalau mau sehat ya terapkan pola hidup sehat. Jangan kalahkan nalar anda dengan barang murahan yang tidak dapat memberikan kepastian. Jangan  LEBAY hanya sekedar ikut tren bahwa gelang itu juga dipakai oleh atlet terkenal, kalau belum ada buktinya (Ingat!, semuanya tentu harus ada bukti ilmiah. Dalam dunia medis obat itu dikatakan berkhasiat kalau dia terbukti secara ilmiah dan aman) kalau seperti ini kan jadi Korban Tren. Dan terakhir menurut saya, hanya orang-orang lebay yang mau menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang lebay, seperti gelang bernama lebay ini. 

Gunakanlah selalu nalar dan akal sehat anda bila tidak mau jadi korban tren!