31 Desember 2010

Ungkapan Kekecewaan Terhadap Lomba Blog Speedy 2010

Menjelang akhir tahun 2010 PT. Telkom Indonesia area Pekalongan menggelar Event yang bertajuk Gebyar Speedy Akhir Tahun 2010, Adapun Event yang digelar meliputi Kompetisi Game Online - Point Blank, Kompetisi Lomba Blog Speedy 2010, Pameran Komputer Pekalongan 2010, Seminar - Internet yang Cerdas dan Sehat, Pelatihan Internet Bersertifikat, Kuliner Jajan dan Penganan. Gebyar Speedy Pekalongan ini digelar mulai Tanggal 14 sampai dengan 17 Desember 2010. dan saya menjadi peserta di Lomba blog Speedy 2010 dengan blog saya www.faikshare.com 

Acara ini berjalan lumayan sukses dan lancar, hingga mendekati hari pengumuman yaitu tanggal 17 Desember, semua berjalan dengan penuh keganjilan yang menurut saya "ANEH". Harusnya pada tanggal itu, Lomba sudah berakhir dan segera dilakukan salah satu aspek penilaian, yaitu Search Engine Optimization (SEO), tetapi pada pukul 17.00 panitia secara mendadak mengumumkan bahwa lomba diundur sampai tanggal 20 Desember pukul 17.00 WIB dan Pengumuman ini hanya dilakukan di profil Facebook-nya Speedy Pekalongan (http://www.facebook.com/speedy.pekalongan). Di Website panitia? tidak ada perubahan informasi disana. Ini sangat merugikan bagi peserta yang tidak bisa online atau bahkan tidak memiliki akun Facebook, mana bisa mereka mendapat informasi ini. Saya sangat kasihan pada peserta yang menjadi "korban" disini.

Oya mengenai persyaratan dan ketentuan awal Lomba Blog Speedy 2010 adalah sebagai beikut:
  • Tema Blog adalah "Gebyar Speedy"
  • Konten Blog merupakan serangkaian dari acara Gebyar Speedy Akhir Tahun 2010 yang digelar pada tanggal 14 s/d 17 Desember 2010 di Plasa TELKOM Jl. Diponegoro 41 Pekalongan.
  • Blog tidak harus baru, blog lama tidak masalah dan konten blog yang akan dinilai adalah liputan Gebyar Speedy.
  • Kriteria penilaian lainnya adalah kontes SEO melalui websearching www.google.co.id dengan keyword "Gebyar Speedy Pekalongan".
  • Peserta diwajibkan memcantumkan logo dan script Blog Kompetisi ukuran 143x53 pixel.
  • Peserta bebas menggunakan template manapun asalkan sesuai dengan tema dan konten Blog.
  • Daftarkan Blog anda secara Online di www.epekalongan.net.
  • Bobot kriteria penilaian lomba blog :
    • Liputan acara Gebyar Speedy = 60 %
    • SEO = 40%
  • Keputusan Juri dan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
  • Pengumuman pemenang lomba blog pada tanggal 17 Desember 2010 di penutupan acara Gebyar Speedy Akhir Tahun 2010.
Pengunduran ini adalah hal yang sangat merugikan bagi para blogger yang blognya sudah menempati posisi teratas di Google.co.id, para blogger harus kembali berkerja keras untuk melakukan optimasi agar posisi blognya tetep berada diatas dalam hasil pencarian Google. Akhirnya tiba penilaian Blog, saya sangat bahagia awalnya karena blog saya bisa menempati posisi empat di pencarian Google. Dan ketika itu saya sudah tenang karena tinggal menunggu pengumuman pemenang. Dan seehari berikutnya tepatnya tanggal 20 Desember 2010,  kita kembali dikejutkan oleh keputusan panitia, karena ternyata penilaian SEO baru dilakukan pada tanggal 24 Desember. Aneh, panitia begitu mudahnya mengubah keputusan dan hanya dipublikasikan melalui komentar di salah satu wall peserta, selain itu? tidak ada! apalagi di website panitia, www.epekalongan.net yang harusnya sebagai sumber informasi lomba, seperti tidak tersentuh panitia, hal sangat disayangkan karena waktu empat hari adalah waktu yang cukup untuk mengubah posisi di Google, kembali kami peserta lomba kembali harus melakukan optimasi agar blognya tetep atau bahkan naik di Google. Harusnya perubahan ini dipublikasikan jauh-jauh hari sebelumnya sehingga tidak merugikan peserta lomba.

Dan selang beberapa hari kemudian panitia mengumumkan 27 blogger yang lolos dan mengundang para blogger yang lolos untuk menghadiri Pengumuman dan Penyerahan Hadiah untuk para pemenang pada tanggal 30 Desember pukul 19.00 di salah satu kafe di kota Pekalongan, bersamaan dengan acara ini akan diadakan kopdar para blogger Pekalongan. 

Saya menantikan hari Pengumuman dengan optimisme yang tinggi karena melihat posisi blog saya berhasil meraih peringkat 3 dan saya yakin dengan kualitas liputan saya, itu menjadi nilai lebih menurut saya. Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba dan acara pun dilaksanakan, saya sendiri tidak bisa menghadiri acara ini karena saya sedang melakukan penelitian Skripsi di Yogyakarta. Oya, anda tau bagaimana panitia secara khusus mengundang saya?? Itu hanya lewat SMS pada pukul 17.00, Ajib, dua jam menjelang pengumuman dan itupun hanya pemberitahuan tempat dan waktu, memang sih sebelumnya panitia telah mengkonfirmasi tempat dan waktu di profil Facebook-nya, tetapi kenapa baru mengabarkan langsung dua jam sebelum pelaksanaan, kami blogger tentu bukan superman  yang bisa terbang kesana kemari dalam waktu yang singkat, saya yang katanya menjadi kondidat juara pun tidak diberitahukan lebih lanjut sebelumnya. 

Karena saya tidak bisa hadir inilah, hampir 6 jam malam itu dari pukul 19.00 WIB saya terus melihat profil Speedy Pekalongan, siapa tahu ada informasi up to date namun tidak ada informasi apapun kecuali dua buah foto acara Kopdar yang di-upload oleh admin Speedy Pekalongan, sisanya, hanyalah pesan dinding dari para peserta yang tidak bisa hair dan menanyakan hasil lomba, namun seperti biasa, admin tidak begitu welcome terhadap beberapa pertanyaan yang masuk, dan lebih memilih untuk meng-upload foto. Ironis.

Hingga akhirnya ada seorang blogger peserta yang mengikuti acara pengumuman memberitahukan kepada saya bahwa saya sebenarnya kondidat Juara 1 tetapi karena tidak bisa mengikuti lomba maka saya dianulir dan akhirnya juara 1 diberikan kepada kondidat juara berikutnya, begitu seterusnya, hingga diperoleh pemenang yang menghadiri acara pengumuman dan penyerahan hadiah ini. Saya sangat kecewa mendengarnya, Ini benar-benar tidak adil. Okelah kalo kriteria kehadiran saat kopdar (acara pengumuman dan penyerahan hadiah) dijadikan salah satu kriteria penilaian. tetapi kenapa tidak sejak awal dipublikasikan dan saya sebagai salah satu pemenangnya diberitahukan, karena saya sedang sibuk diluar kota, sebelumnya saya juga sudah pernah menanyakan tentang kehadiran dalam kopdar ini pada admin, apakah wajib? atau gimana? Ini karena saya tidak bisa hadir tetapi seperti biasa admin tidak menanggapinya. Seandaianya saya dihubungi untuk datang karena saya kondidat juara satu maka saya pasti akan datang menghadiri acara ini. Dan ternyata panitia memilih menggunakan sistem anulir setelah sebelumnya dilakukan voting apakah blogger yang datang setuju untuk menganulir peserta yang tidak datang, dan sepertinya hasilnya sudah ditebak, siapa yang bilang ngga mau ketika para pesaingnya akan dihapus. Sungguh tidak adil.

Ya saya tahu dan paham betul salah satu point di peraturan ini, keputusan juri memang tidak bisa diganggu gugat tetapi setidaknya saya menuntut profesionalisme pihak penyelenggara disini. Peraturan dan waktu penilaian begitu mudah berubah bahkan kehadiran di kopdar menjadi kriteria pemenangnya dengan sistem anulir yang sangat aneh ini (mungkin baru sekali ini terjadi di lomba blog di Indonesia) tanpa pemberitahuan dari pihak penyelenggara, ini membuat lomba ini terlihat seperti main-main.

Dengan mengacu pada ketentuan lomba mengenai penilaian yakni SEO 40% dan Artikel Liputan 60% maka yang berpeluang besar akan jadi pemenang adalah Peserta yang hadir pada saat acara Gebyar Speedy Akhir Tahun 2010 di Plasa Telkom Pekalongan antara tanggal 14 s/d 17 dan meliput kegiatan tersebut melalui blog yang diikutkan lomba, dan Peserta tersebut blognya berhasil menduduki halaman pertama hasil pencarian Google dengan kata kunci “Gebyar Speedy Pekalongan”. Kalau tidak memenuhi 2 kriteria di atas mana sudah pasti peluang menangnya sangat kecil. Misalnya peserta yang berhasil menduduki peringkat 1 Google, namun dia tidak meliput kegiatan, maka skor maksimal yang bisa didapatkan hanyalah 40%.  (sumber: http://deteksi.info)

Seandainya misalnya kriteria kehadiran dimasukkan itu pasti ada prosentasinya seperti penilaian lainnya (SEO 40% dan Artikel 60 %). Kalau ada blogger pemenang tetapi tidak hadir hadir saat kopdar langsung dianulir, Ini sih kehadiran saja yg dinilai alias 100%. Melihat sistem anulir pemenang disini seperti penilaian mutlak, percuma saja kerja keras saya selama ini, menulis artikel liputan dengan susah payah dan mengejar ranking di Google semuanya sia-sia. 

Dan ada Pesan dinding dari Anas, bloger peserta Lomba Blog:
"..... Dari sekian banyak lomba blog yang pernah saya ikuti bahkan pernah saya jadi dewan jurinya (Speedy Blog Competition 2010, Surabaya). Baru kali ini ada lomba yang mengenakan sistem gugur kepada pesertanya hanya karena berhalangan hadir. Saya sangat prihatin dan kecewa atas kebijakan pihak Telkom Pekalongan. Kami para blogger adalah "pejuang online" lebih banyak berkecimpung di dunia online. Hargai jerih payah kami, usaha kami, keringat kami dengan kejujuran. Tak ada aturan yang menyatakan peserta akan dianulir dalam kompetisi ini kalau tidak hadir dalam kopdar. Maaf, memang kopdar penting untuk menjalin silaturahmi. namun ke-fair-an harus djunjung tinggi......"

Kami para blogger merasa dewan juri mungkin sudah bekerja dengan sangat bijak. Namun, keputusan sepihak yang diberlakukan pada saat Kopdar semalam sangat aneh dan ganjil. Kami berharap tidak ada monopolisasi dalam penentuan pemenang tersebut. Kalau memang kalah ya sudah tidak apa-apa. Tapi bagi seseorang yang mestinya menang, tetapi hanya gara-gara gak hadir kopdar terus didiskualifikasi/dianulir. Ketidakprofesionalan panitia inilah yang membuat lomba blog ini terkesan seperti main-main.

Sebenarnya menang kalah bukan masalah bagi saya dan para peserta lomba lainnya tetapi saya hanya ingin sedikit profesionalisme, transparansi dan penghargaan dari pihak penyelenggara bagi semua peserta, penghargaan tidak melulu tentang hadiah atau apa, tetapi dalam wujud konsistensi pantia dalam menerapkan peraturan dan memberikan akses informasi apabila ada perubahan di peraturan serta tentu saja kearifan admin untuk menjawab pertanyaan yang ada di profil Facebook Speedy Pekalongan. dan hingga tulisan ini dibuat, 31 Desember 2010 pukul 13.24 WIB, panitia belum mempublikasikan nama pemenang lomba blog Gebyar Telkom Speedy Pekalongan secara resmi dan membuat transparansi penilaian pemenang lomba.

Bahkan pada hari, Selasa 4, Januari 2011, admin Facebook Speedy Pekalongan menghapus semua pesan dinding kritikan dari para peserta dan memblokir kami untuk menulis di pesan dinding. Ini sepertinya Panitia Gebyar Speedy Pekalonngan ingin lari dari masalah dan tidak mau menanggapi protes dari kami, peserta lomba. Awalnya saya memang cukup bersabar untuk menunggu 'itikad baiik dari panitia tetapi ternyata ketidakprofesionalan panitia semakin menjadi-jadi ini membuat kami para peserta yang menuntut sedikit keadilan dari panitia menjadi frustasi dan seperti disepelekan. Panitia LARI dari TANGGUNG JAWABNYA.

Saya dan teman-teman blogger lainnya sangat kecewa atas kebijakan PT Telkom Pekalongan dan menyesal telah menghabiskan banyak waktu dan tenaga hanya untuk mengikuti Lomba Blog Speeedy 2010 ini, jangan salahkan apabila ungkapan kekecewaan ini dipublikasikan, dengan tulisan ini harapannya menjadi pelajaran bagi semua pihak yang akan mengadakan kontes/lomba blog agar tidak terjadi lagi hal serupa di masa mendatang. Dan satu hal, saya akan berpikir jutaan kali untuk mengikuti lomba blog yang diadakan Speedy di masa mendatang.