1 Juni 2010

Menyedihkan Ketika Dunia Hanya Bisa Mengecam dan Mengutuk Israel

Apakah kita pernah merenung sesaat dan membayangkan tentang bagaimana kondisi palestina sekarang? 
Apakah kita pernah membayangkan seandainya korban-korban perang di Gaza, Palestina salah satunya atau mungkin seluruhnya adalah keluarga kita?
Apakah kita pernah meluangkan sedikit waktu kita untuk memikirkan saudara-saudara kita disana?
Apakah masih ada diantara kita yang masih peduli pada mereka, anak-anak, wanita dan orang tua korban kezaliman negara paling biadab itu?
Apakah hanya kutukan dan kecaman yang bisa kita berikan atas keganasan Israel?
Adalah Sesuatu yang mungkin, mungkin ada diantara yang kita tidak peduli atau mungkin masa bodoh tentang Palestina, mungkin ada yang berpikiran yang terpenting saat ini kita diberikan oleh Tuhan nikmat sehat dan seluruh keluarga kita juga sehat dan negara ini masih aman tidak ada perang seperti disana.

Jujur aku merasa sedih melihat diri ini yang masih tidak bisa berbuat apa-apa dan mungkin hanya bisa berdoa untuk mereka supaya konflik dan perang ini segera berakhir damai dan indah. Namun, tetap saja aku ingin menulis tentang perang biadab ini!. Setidaknya walau hanya untuk berbicara  melalui tulisan, yang menurut orang tanpa makna, tak berarti.

Berbicara tentang konflik Israel dan Palestina sebenarnya memang sudah sangat lama sekali dan terus berlangsung dan terus menerus entah kapan perang ini akan berakhir. Dan terakhir adalah yang dilakukan negara biadab israel adalah serangan terhadap enam kapal yang membawa bantuan internasional untuk warga Gaza dan menyebabkan puluhan relawan tewas, mereka juga menangkap 400 relawan yang ikut dalam rombongan itu. Mereka berdalih bahwa apa yang mereka lakukan adalah karena kapal tersebut membawa senjata dan menyerang mereka terlebih dahulu (???).  Alasan palsu dan klasik kembali diutarakan Israel untuk membenarkan tindakan brutalnya menembaki para relawan. Padahal tujuan perjalanan kapal ini adalah menembus pengepungan angkatan laut Israel demi mengantarkan bantuan kemanusiaan ke Gaza,  Palestina yang sudah hampir 4 tahun terakhir ini diembargo baik secara militer, politik, dan ekonomi oleh Israel, Amerika Serikat, Mesir dan lain-lain. Menurut aku dalam konteks dan alasan apapun, tindakan penyerangan Militer Israel ini tentunya adalah tindakan terkutuk!

Lalu apa yang dilakukan oleh dunia melihat serangan Israel ini? Hampir 99,99% semuanya mengutuk mengecam!!!, hampir semua negara dibelahan dunia mengecam dan mengutuk tentang serangan Israel ini.  Kecuali Amerika yang hanya menyesali tindakan Israel ini. (baca disini), Sungguh Memalukan! Negara sebesar Amerika hanya berkata menyesal.

Berikut adalah kecaman-kecaman dunia terhadap kekejaman Israel:
Itu hanya beberapa statement masih ada ribuan statement dunia internasional yang bertebaran di portal berita. Tapi, apakah yang didapat oleh dunia dengan adanya cara mengecam dan mengutuk serangan ini? Apakah Israel berhenti setelah mendengar bahwa seluruh dunia mengecam dan mengutuk apa yang Israel lakukan? Sama sekali tidak, tidak akan pernah!!,  Dan memang itulah fakta  yang terjadi dan buktinya sudah setengah abad lebih Israel terus-terusan membobardir berbagai tempat di Palestina. Mungkin karena Israel sudah tahu bahwa negara-negara didunia dari dahulu hingga sekarang hanya bisa mengutuk dan mengecam apa yang mereka lakukan dan Israel yakin PBB dan negara-negara di seluruh belahan dunia tidak berani melakukan langkah apapun untuk bisa menghentikan mereka.

Selain mengecam dan mengutuk serangan Israel ini PBB dan negara-negara yang mengutuk dan mengecam termasuk Indonesia, hanya mengadakan pertemuan khusus yang intinya bagaimana konflik ini bisa diselesaikan dengan damai. Tapi fakta yang terjadi hingga detik ini konflik masih saja terjadi dan ribuan korban meninggal dari anak-anak dan wanita tak berdosa menjadi korban konflik ini.

Aku pribadi berharap, tentunya kutuk dan pengecaman ini tidak hanya dibibir dan statemen politik semata, tapi harus dilanjutkan dengan tindakan politik, embargo ekonomi terhadap Israel atau bila perlu tindakan militer terhadap Israel yang jelas-jelas sudah melakukan kejahatan kemanusiaan sejak dulu dimana yang masih hangat dalam ingatan kita adalah serangan terhadap rakyat Palestina beberapa waktu silam!

Untuk PBB sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas perdamaian di seluruh dunia ini karena sudah mempunyai wewenang terbesar dan tertinggi dalam menciptakan perdamaian dibelahan dunia dan Liga Arab yang harusnya bisa mengayomi mengara-negara anggotanya tape kenyataannya, sebuah tanda tanya besar, menurutku sebuah kebodohan jika sebuah badan tertinggi dunia yang mempunyai wewenang penuh tersebut tidak bisa menyelesaikan konflik yang hanya dilakukan oleh dua negara yang menurutku termasuk negara kecil yaitu Israel dan Palestina. Tentunya aku menunggu langkah-langkah nyata yang akan dilakukan oleh PBB dan juga negara-negara diseluruh dunia yang  menyatakan mengecam dan mengutuk setiap tindakan-tindakan yang mengancam dan membunuh orang-orang tak berdosa termasuk anak-anak.

Save our Palestine!!