31 Desember 2009

Andai Ku Bisa Memiliki 6,7 T

Konon, untuk menyelamatkan Bank Century pemerintah menggelontorkan dana sebesar 6,7 Trilyun Rupiah.  Jumlah yang sangat besar bagi ukuran kita rakyat kecil bagiku ini angka yang sangat fantastis. Angka ini kalau ditulis, mudah-mudahan saya tidak salah : Rp 6.700.000.000.000, aku sudah pusing melhiat banyaknya angka nol, apalagi melihat uangnya dalam bentuk tunai, sungguh sulit membayangkannya.

Daripada pusing memikirkan kasus Century yang tak kunjung selesai apalagi sekarang diperkeruh oleh kehadiran buku “Membongkar Gurita Century” Karya Penulis tergila tahun 2009; George Junus Aditjondro  . aku memilih untuk berandai-andai dengan uang itu, andai aku memiliki uang sebanyak itu, untuk mengobati pusingku, ternyata jumlah itu memang sangat fantastis.

Berikut ini per”andai-andai“-anku apabila mempunyai uang sebesar 6,7 Trilyun:
  • Andai ku memilikimu, bisa aku bagikan kepada 200 juta penduduk Indonesia dan masing-masing akan mendapatkan 26.800, sehingga bisa sedikit mengobati pahitnya penderitaan rakyat akibat krisis global yang sedang melanda dunia.
  • Andai ku bisa memilikimu akan kubagikan rata pada 35 juta penduduk miskin @Rp.191.429 di republik ini hingga akhirnya mereka sedikit menjauhi jurang kemiskinan.
  • Andai kamu bisa menjadi milikku, akan kuberangkatan 191.429  orang jamaah Haji secara gratis tis, tanpa biaya sepeser pun, angka itu hampir setara dengan jumlah jammaah haji tahun ini jumlah jemaah haji Indonesia tahun 2009 yang terdaftar sejumlah 207.000 orang jemaah (Sumber:  Menkokesra) berarti angka diatas hampir mendekati (padahal asumsi yang dipakai embarkasi terjauh, Makassar) dengan kata lain uang Rp 6,7 Triliun tersebut hampir bisa mengratiskan orang naik haji untuk kurun waktu 1 musim haji, (Mungkin namanya jadi Haji Century kali yah? hehe)
  • Andai uang itu bisa menjadi milikku, aku akan membangun 6.700 buah masjid (asumsi 1 masjid = 1 Milyar) hingga akhirnya bumi pertiwi akan semakin islami dengan naungan panggilan ALLAH lewat adzan dan dakwah hingga akhirnya tak ada lagi ruang maksiat di bumi ini.
  • Andai kubisa memiliki uang sebanyak Century akan kubelanjakan engkau dengan 134.000 buah rumah sederhana, hingga akhirnya tak ada lagi orang menjadi tuna wisma di negeri sendiri.
  • Wahai 6,7 Triliyun, Andai aku adalah pemilikmu, akan ku biayai 530.453.577 siswa sekolah hingga akhirnya bangsa ini bisa  mengurangi jumlah rakyat yang masih buta huruf  karena tidak bisa membiayai sekolahnya.
  • Andai kau bisa menjadi milikku, aku akan menyekolahkan 670.000 mahasiwa hingga menjadi dokter, sehingga kualitas hidup rakyat kita bisa ditingkatkan dan pelayanan kesehatan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di seluruh nusantara. 
  • 6,7 Triliyun, Andai  aku memilikimu sekarang akan kubelanjakan dengan 957.000.000 kg beras dan bagi rata kepada rakyat miskin hingga akhirnya busung lapar tidak akan pernah lagi terjadi terhadap rakyat kita. 
  • Dengan 6,7 Triliyun, aku bisa naik becak sejauh sejauh  1340000000 km ( dengan asumsi tarif tarif di Jogja 8000/KM) Bisa untuk mudik Jogja - Banjarnegara 4466666.67 kali dengan naik becak... hehe
  • Uang 6,7 Triliyun andai kau milikku bisa kugunakan untuk membayar kosku (@200.000/bulan) selama 33.500.000 bulan, yang mungkin akan kuwariskan kepada cucuku sampai 10 generasi , yang mungkin akan kuliah di Jogja, seperti kakeknya, hehe
Fantastis Bukan?! Memang semua tidak sesederhana hitungan-hitungan seperti ini, pengambil kebijaksanaan Bailout Century punya alasan kuat yang menurut mereka sangat logis, namun dengan munculnya pertanyaan yang beken saat ini, Kemana saja uang Rp 6,7 Triliun tersebut mengalir??

Maka orang pinggiran seperti saya pun hanya bisa mencoba berandai-andai untuk meredakan pusingnya karena memikirkan skandal ini. Kapan ini semua akan berakhir??

Terlepas dari itu semua, semoga bangsa ini diselamatkan dari segala bencana dan keburukan dan segera disadarkan akan sikap dan kelakuannya.  Amin.